Thursday 4 June 2015

Pai Nanas Bertabur Keju

bahan kulit pai :
- 200gr tepung terigu protein tinggi
- 100gr margarin
- 25gr gula pasir halus
- 1 sdm air dingin atau air es
- 1 buah kuning telur ayam kampung
- 1/2 sdt baking powder
- 2 buah kuning telur ayam kampung untuk olesan

bahan isi :
- 300gr nanas madu
- 50gr gula pasir lokal (pilih yang berwarna agak kecoklatan)
- 25gr keju mozarella
- 1 sdt air perasan jeruk lemon
- 1 sdt tepung maizena dilarutkan ke dalam 25ml air
- 2 batang cengkeh
- 2 ruas jari batang kayu manis
- 1/4 sdt garam beriodium

cara membuat :
1. pertama - tama untuk membuat isi pai, campur nanas madu yang sudah dipotong kecil-kecil, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan garam. masukkan semua bahan diatas ke dalam air mendidih diatas api. kemudian kentalkan dengan larutan tepung maizena dan biarkan hingga matang mengental. setelah itu tambahkan dengan air perasan jeruk lemon kemudian matikan api angkat dan sisihkan.
2. selanjutnya aduk rata margarin, gula, kuning telur ayam kampung, tepung terigu, garam dan air es. kemudian juga tambahkan baking powder.
3. aduk rata kembali sampai adonan kulit pai menggumpal. kemudian masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih lima belas menit.
4. ambil sedikit bagian adonan kemudian masukkan ke dalam cetakan pai berdiameter bawah 4 1/2 cm yang sudah diolesi margarin dan pipihkan. setelah itu tusuk-tusuk adonan dengan tusukan gigi yang sudah dicuci bersih dan kering. lakukan demikian satu persatu hingga seluruh adonan kulit pai habis.
5. berikutnya siapkan oven dan masukkan semua adonan yang sudah dicetak tadi ke dalam oven dengan api bawah suhu 150 derajat celcius. oven selama kurang lebih lima belas menit atau hingga nampak matang kecoklatan.
6. setelah kulit pai matang matikan oven dan keluakan semua cetakan kulit pai tunggu sampai dingin. setelah sekira dingin lepas kulit pai dari cetakannya satu persatu.
7. terakhir sendokkan isi ke dalam kulit pai dan taburi dengan keju mozarella parut.

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar