Thursday 4 June 2015

Kroket Singkong

bahan :
- 1kg singkong
- 100gr gula pasir lokal (pilih yang berwarna agak kecoklatan)
- 100gr keju mozarella
- 100gr margarin
- 1 butir telur ayam kampung
- terigu secukupnya
- tepung bread crump untuk lapisan kulit luar

bahan isi : 
- 250gr daging sapi cincang
- 3 buah wortel lokal
- 2 siung bawang putih
- 3 batang daun bawang
- 3 siung bawang merah
- 1/2 sdt merica bubuk
- 500ml atau setengah liter air
- 1/2 sdt garam atau secukupnya

cara membuat :
1. pertama-tama untuk membuat isi, tumis bawang merah iris, bawang putih iris sampai harum lalu masukkan daging sapi cincang, kemudian irisan daun bawang, wortel yang sudah dipotong dadu kecil-kecil, merica bubuk dan garam. masak sebentar kemudian tambahkan sedikit air dan masak kembali hingga semua matang terutama untuk daging sapi cincang.
2. kupas singkong kemudian cuci bersih dan kukus hingga matang. setelah singkong kukus matang haluskan dan campur dengan gula pasir, margarin, keju dan telur ayam kampung. aduk sampai rata dan tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan bercampur rata dan kalis.
3. ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan isi dengan tumisan daging. setelah itu lipat bagian pinggir adonan keatas hingga isi tidak nampak. bentuk agak sedikit lonjong. lakukan demikian satu persatu hingga seluruh bagian adonan dan isi habis.
4. panaskan minyak dan goreng kroket satu persatu yang sebelumnya sudah dicelup ke dalam telur dan ditaburi tepung bread crump.
5. goreng kroket hingga matang penuh dan nampak kecoklatan. sajikan diatas piring dan agar lebih nikmat bisa dimakan bersama saus sambal tomat atau cabe.

keterangan : untuk bahan isi bisa menggunakan daging sapi cincang atau sesuai dengan selera seperti daging ayam cincang, ikan tuna cincang, jamur merang cincang dan lain sebagainya

selamat mencoba..!!!

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar