Saturday 6 June 2015

Ingkung Ayam Kampung

bahan :
- 1 ekor ayam kampung yang masih utuh
- 2 sdm air perasan jeruk lemon atau bisa dengan jeruk nipis
- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 9 buah cabe merah besar (cabe keriting)
- 1 ruas jari kunyit
- 3 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 ruas jari jahe
- 2 batang serai
- 1 sdm air asam jawa
- 750ml santan dari satu butir kelapa
- 2 sdm gula aren
- 1 sdt garam beriodium
- 3 sdm minyak jagung (corn oil)

cara membuat :

1. pertama-tama cuci bersih ayam kampung yang masih utuh, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk lemon. diamkan selama kurang lebih lima belas menit untuk menghilangkan bau amis lalu setelah itu cuci kembali hingga bersih. sayat sedikit bagian paha ayam dan masukkan salah satu ceker ayam ke dalamnya.

2. siapkan benang kasur putih. lalu ikat bagian kepala ayam dengan sayapnya. berikutnya ambil tusuk gigi dan gunakan untuk menyangga bagian leher dan kepala ayam hingga kepala ayam bisa tegak.
3. haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri yang sebelumnya sudah disangrai, cabe merah keriting dan kunyit. 
4. panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga berbau harum dan tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai yang sebelumnya sudah dimemarkan dan jahe yang sebelumnya juga sudah dimemarkan.
5. aduk rata semua bumbu hingga keluar bau sedap. berikutnya masukkan ayam kampung ke dalam tumisan bumbu dan tambahkan santan sedikit demi sedikit, kemudian masukkan air asam, gula aren dan garam. masak terus hingga ayam empuk.
6.setelah ayam empuk, angkat dan panggang ayam diatas pinggan tahan api sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu yang dipakai untuk menumis.
7. setelah daging ayam nampak mengering dan kecoklatan, angkat lalu sajikan diatas piring. agar lebih indah hiasi dengan sawi putih dibagian pinggir dan irisan cabe atau tomat berbentuk bunga.

demikian resep ingkung ayam kampung yang bisa kami sajikan, selamat mencoba..!!

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar