Saturday 6 June 2015

Bandeng Presto ala homemade

Jika biasanya kita hanya bisa menikmati bandeng presto ketika dapet oleh-oleh dari daerah, kini kita bisa memasak bandeng presto sendiri loh di rumah, karena ternyata resep rahasianya sangatlah mudah. antara lain..

bahan :
- 1kg ikan bandeng segar (jika beli di pasar, pilih yang masih dikerubutin lalat karena itu yang masih segar dan tidak mengandung formalin atau pengawet berbahaya jenis lainnya)
- 7 siung bawang merah 
- 6 siung bawang putih
- 4 lembar daun salam
- 1 ons lengkuas
- 1/2 ons kunyit
- 350ml air putih
- 1 sdm ketumbar bubuk
- 1 lembar daun pisang
- 1 butir telur ayam kampung atau telur bebek
- 1 sdm garam beriodium
- minyak jagung secukupnya.
(minyak jagung atau corn oil lebih aman dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes atau yang memiliki masalah dengan kolesterol)

cara memasak :
1. pertama-tama cuci bersih ikan bandeng segar setelah itu tiriskan.
2. haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas yang sudah diparut, ketumbar dan garam. setelah itu lumuri ikan bandeng dengan bumbu yang sudah dihaluskan diatas hingga merata.
3. siapkan panci presto, kemudian masukkan bandeng ke dalamnya dengan dialasi daun pisang bagian bawahnya. dan selipkan daun salam dibawah ikan bandeng.
4. tambahkan air ke dalam panci presto hingga air sampai dibatas bawah ikan bandeng. setelah itu tutup panci lalu masak bandeng selama kurang lebih 25 menit. kemudian jika sudah matikan api dan biarkan tunggu hingga dingin.
5. setelah panci mulai mendingin, buka tutup panci dan pindahkan ikan bandeng ke sebuah piring atau wadah. 
6. kocok telur ayam kampung atau bisa juga pakai telur bebek, kemudian lumuri ikan bandeng hingga merata. 
7. panaskan minyak jagung kemudian goreng ikan bandeng berlumur telur kocok hingga berbau harum matang dan berwarna kecoklatan.
8. matikan api, lalu angkat ikan bandeng dan pindahkan ke atas piring oval yang bersih dan sudah kering. bandeng presto ala homemade siap dihidangkan.

jadi cukup mudah bukan..??? so tunggu apa lagi, selamat mencoba di rumah..!!

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar